Sabtu, 26 April 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Satuan Pendidikan     : SD
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester         : 1 (satu) / 2 (dua)
Peminatan                     : Salwa Badriyah
Materi Pokok                : Cuaca
Pertemuan ke               : 1
Alokasi waktu               : 2 jam
                
A.  Tujuan Pembelajaran

1.      Kognitif
Siswa mampu :
·         Menyebutkan nama-nama cuaca dan musim (C1)
Alasan : Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga Hal 1007, agar siswa mampu memberi nama, menyatakan nama sesuatu, menamakan cuaca-cuaca dan musim-musim.
·         Menjodohkan gambar musim dengan nama musim(C1)
Alasan : Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga Hal 475, agar siswa mampu menjadikan dua hal (gambar musim dengan nama musim) sebagai pasangan
·         Memilih musim dan cuaca ada di Indonesia(C1)
Alasan : Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga Hal 873, agar siswa mampu menentukan (mengambil musim dan cuaca) sesuatu yang dianggap sesuai dengan kesukaan (selera dsb, yang ada di Indonesia)

2.      Psikomotorik
Siswa mampu :
·         Mengidentifikasikan cuaca dan musim di Indonesia (P1)
Alasan : Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga Hal 417, agar siswa mampu menentukan atau menetapkan identitas (orang, benda, dsb(cuaca dan musim di Indonesia))
·         Membedakan ciri-ciri setiap cuaca dan musim dalam kehidupan sehai-hari (P1)
Alasan : Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga Hal 119, agar siswa mampu menyatakan ada bedanya, memperlakukan berbeda (tidak sama), memisahkan (dalam hal ini yaitu ciri-ciri setiap cuaca dan musim dalam kehidupan sehai-hari)
·         Menghubungkan ciri-ciri cuaca dan musim dalam kehidupan sehari-hari (P1)
Alasan : Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga Hal 119, agar siswa mampu menjadikan berhubungan (bersambungan) ; menyambungkan ; mempertalikan (dengan); menyangkut pautkan (dengan); mempertemukan (dengan); menjadikan satu (dengan); menggabungkan (dengan); mengadakan hubungan (perhubungan), (dalam hal ini yaitu ciri-ciri cuaca dan musim dalam kehidupan sehari-hari).
        
Saya memakai :
1.      Kognitif

Kategori Jenis Perilaku
Kemampuan Internal
Kata-kata kerja Operasional
C1
Pengetahuan
Mengetahui…
Misalnya : Istilah
                   Fakta
                   Aturan
                   Urutan
                   Metode
Mengidentifikasi
Menyebutkan
Memberi nama pada
Menyusun daftar
Menggaris bawahi
Menjodohkan
Memilih
Memberikan definisi
Saya memakai tipe Kognitif (C1) karena anak didik saya berusia 6 tahun dan kemampuan operasionalnya adalah Tahap Praoperasional. Pada tahap ini anak didik :
·         Mampu mengekspresikan dan memikirkan beragam objek dan peristiwa
·         Mampu mengekspresikan pemikiran-pemikiran mereka
·         Mampu menerima informasi yang sebelumnya tidak mungkin terjadi
Sehingga diharapkan anak didik dapat :
·         Menyebutkan nama-nama cuaca dan musim (C1)
·         Menjodohkan gambar musim dengan nama musim(C1)
·         Memilih musim dan cuaca ada di Indonesia(C1)

2.      Psikomotorik

Kategori Jenis Perilaku
Kemampuan Internal
Kata-kata kerja Operasional
P1
Persepsi
Menafsirkan rangsangan
Peka terhadap rangsangan
Mendiskrimininasikan
Memilih
Membedakan
Mempersiapkan
Menyisihkan
Menunjukan
Mengidentifikasikan
Menghubungkan

Saya memakai tipe Psikomotorik (P1) karena anak didik saya berusia 6 tahun dan kemampuan operasionalnya adalah Tahap Praoperasional. Pada tahap ini anak didik :
·         Mampu mengekspresikan dan memikirkan beragam objek dan peristiwa
·         Mampu mengekspresikan pemikiran-pemikiran mereka
·         Mampu menerima informasi yang sebelumnya tidak mungkin terjadi

Sehingga diharapkan anak didik dapat :
·         Mengidentifikasikan cuaca dan musim di Indonesia (P1)
·         Membedakan ciri-ciri setiap cuaca dan musim dalam kehidupan sehai-hari (P1)
·         Menghubungkan ciri-ciri cuaca dan musim dalam kehidupan sehari-hari (P1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar